Saturday, September 05, 2009

Latihan Bersama TNI AU-RAAF Berakhir



KUPANG - Latihan bersama TNI Aangkatan Udara (AU) dan Angkatan Udara Australia (RAAF) di kawasan udara Darwin Northern Territory (DNT), Australia, berakhir Jumat (4/9) kemarin.

Empat pesawat tempur F-16 TNI AU yang terlibat latihan tersebut, Sabtu (5/9) ini tiba di Lanud El Tari Kupang sebelum melanjutkan penerbangan ke Skuadron Udara Tiga Lanud Iswahyudi. Prajurit TNI AU lainnya yang berjumlah 90 orang, juga telah kembali ke Tanah Air bersama dua pesawat Hercules milik TNI AU.

Kepala Penerangan Lanud El Tari Kupang Lettu Tari Dedy Setiawan mengatakan latihan yang dimulai 31 Agustus 2009 tersebut berlangsung sukses. Latihan itu bertajuk 'Elang Ausindo 2009' melibatkan tujuh pesawat temput F-18 milik RAAF.

"Latihan ini bertujuan meningkatkan kualitas tempur dan ketahanan awak pesawat, dan meningkatkan hubungan Indonesia-Australia, " katanya ketika dihubungi wartawan di Kupang, Sabtu (5/9). Latihan tersebut merupakan kelanjutan latihan yang pernah digelar di Makasar, Sulawesi Selatan pada 2007. Latihan antara lain dilakukan dengan teknik tempur udara antara pesawat TNI melawan pesawat RAAF dan manuver udara.

Sumber : MEDIAINDONESIA.COM

No comments: