Wednesday, August 12, 2009

Hasil Audit Alutsista Telah Diserahkan ke Dephan

JAKARTA - Markas Besar TNI telah menyerahkan hasil audit alutsista kepada Departemen Pertahanan (Dephan) untuk dikaji lebih lanjut.

Ketua tim audit alutsista TNI Letnan Jenderal Liliek AS Sumaryo ketika di Jakarta, Selasa (11/8) mengatakan ada beberapa penyempurnaan pada laporan hasil audit, finalisasi. Tetapi, sekarang sudah di Departemen Pertahanan.

Ia mengatakan tidak bisa memberikan keterangan lebih rinci terkait hasil audit karena masih akan dikaji lagi dengan tim audit dengan Departemen Pertahanan untuk dikaji secara menyeluruh. "Kami baru menyerahkan hasil audit dari pihak TNI, dari Departemen Pertahanan kan juga ada tim yang sama. Ini yang akan dikaji secara menyeluruh," ujar Liliek.

Beberapa waktu lalu, Departemen Pertahanan bersama Markas Besar TNI membentuk tim audit bersama terhadap manajemen pembinaan, teknik, dan anggaran dari semua alutsista. Tim akan melakukan evaluasi menyeluruh atas alutsista TNI.

Evaluasi itu dilakukan terkait dengan beruntunnya kecelakaan terkait alutsista beberapa waktu lalu.

Evaluasi oleh tim internal TNI dilakukan terkait aspek teknis pemeliharaan dan operasional penerbangan, aspek regulasi pemeliharaan dan operasional penerbangan, serta aspek pendidikan dan latihan penyiapan keterampilan. "Hasilnya nanti secara komprehensif kami laporkan kepada Menteri Pertahanan dan Presiden. Jadi, kami nanti bergabung dalam satu tim untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh," jelas Liliek.

Sumber : MEDIAINDONESIA.COM

No comments: