Thursday, August 06, 2009

CN-235MPA Resmi Beroperasi di Skuadron Udara 5



MAKASSAR - CN 235-220 MPA (Maritim Patrol Aircraft) telah resmi beroperasi dan menjadi salah satu kekuatan alutsista Skadron Udara 5 wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin yang ditandai penerimaannya oleh Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama TNI Ida Bagus Putu Dunia, pada hari Rabu (5/8) di Skadron Udara 5 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin.

Pesawat CN 235-220 MPA ini merupakan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia dan telah sukses menjalani uji kegiatan flight training dan Mission system Pesawat di Bandung.
Pesawat ini dilengkapi dengan peralatan Mission Console buatan pabrik Thaless Prancis yaitu Tactical Commander (Tacco) radar console yang berfungsi untuk searhing atau pencarian target weather radar dan mapping

Selain itu CN 235-220 MPA juga dilengkapi dengan Equipment Support Mission (ESM) Console yang memiliki kemampuan untuk mengindentifikasi sinyal frequensi dari obyek lain dengan kemampuan pasif. Juga dilengkapi dengan kamera Agile-4 yang dapat merekam dan mencetak target.

Dengan bertambahnya satu pesawat CN-235MPA maka akan menambah kemampuan dan kesiapan operasional Skadron Udara 5 sebagai satuan intai guna menjaga dan menegakkan kedaulatan Negara di udara dalam wilayah udara yuridiksi Nasional Republik Indonesia

Pada acara penerimaan pesawat tersebut, Danlanud menyampaikan bahwa pesawat CN 235-220 MPA dengan kelengkapannya adalah pesawat mahal dan canggih, yang dibutuhkan Lanud Sultan Hasanuddin dalam mendukung pelaksanaan tugas, untuk itu dituntut personel yang mampu mengawaki, mengoperasikan dan memeliharanya.

Komandan selanjutnya mengatakan bahwa dalam hal pengawakan, telah menyusun personel-personel yang terlatih, dan diharapkan dalam waktu 2 minggu sampai satu bulan crewnya sudah siap dan seterusnya perlu pembinaan, penggenerasian dari crew tersebut.

Sumber : PENTAK HASANUDDIN

No comments: