Tuesday, June 16, 2009

Latihan Bersama Garuda Shield-09 Dibuka Hari Ini

JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia akan menggelar latihan bersama Garuda Shield-09, Selasa (16/6) pagi ini. Latihan yang dijadwalkan dibuka pukul 10.00 WIB ini, akan diikuti oleh 20 negara, yakni Amerika Serikat, Bangladesh, Australia, Kamboja, Perancis, Jerman, Indonesia, Italia, Jepang, Malaysia, Mongolia, Nepal, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Tonga, Inggris, dan Vietnam.

Sedianya, latihan yang digelar di Pusdik Infanteri, Cipatat, Bandung, Jawa Barat mulai 16 Juni hingga 29 Juni mendatang ini akan dibuka Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dan para Kepala Staf Angkatan Angkatan dan pejabat TNI (AU, AL, dan AD).

¨Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk partisipasi Indonesia dalam menegakkan perdamaian dunia. Sejak 1957, Indonesia sudah terlibat dalam 25 misi perdamaian dunia. Misi yang sedang berlangsung saat ini Kongo dan Libanon. Saat ini, sejumlah tentara dari berbagai negara tengah melakukan persiapan.

Tujuan latgab ini untuk meningkatkan kemampuan negara peserta dalam aspek pelaksanaan Peace Support Operation (PSO) sesuai dengan Standard Genneric Training Module (SGTM) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kegiatan yang dioperasikan pun bermacam-macam seperti gladi posko, gladi lapang, bakti sosial, dan juga bantuan kemanusiaan terhadap masyarakat lokal.

"Atas nama TNI, saya mengucapkan selamat datang kepada para peserta latihan. Saya menyatakan apresiasi dan terima kasih kepada Panglima Komando Amerika Serikat yang telah memberikan kesempatan kepada TNI untuk melaksanakan latihan bersama," ujar Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso.

Sumber : KOMPAS

No comments: