Tuesday, June 09, 2009

Kenaikan Anggaran Pertahanan 2010 Disepakati

JAKARTA - Komisi I DPR menyepakati kenaikan anggaran pertahanan dan TNI sebesar Rp.10 triliun pada APBN 2010, untuk mendukung kesiapan dan kesiapsiagaan alutsista (alat utama sistem senjata) dan personel TNI.

"Kami sepakat untuk menaikkan anggaran pertahanan/TNI pada 2010 sebesar Rp.10 triliun, untuk mendukung pendidikan dan latihan, perawatan alutsista, dan pengadaan alutsista baru," kata Ketua Komisi I DPR Theo L Sambuaga, di Jakarta, Senin (8/6).

Pada Tahun Anggaran 2009 Departemen Pertahanan/TNI mendapat alokasi anggaran sebesar Rp.33,6 trilyun. Hingga triwulan pertama TA 2009 Dephan/TNI mendapat tambahan anggaran sebesar Rp.38,66 miliar, total hampir Rp.34 trilyun anggaran sudah diberikan. Jika merujuk pada angka tersebut maka diperkirakan total alokasi anggaran 2010 sekitar Rp.44-45 trilyun.

Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono mengatakan, anggaran tersebut ditujukan untuk mewujudkan pembinaan dan pengembangan kekuatan pertahanan negara baik di tingkat organisasi maupun personel, peningkatan dan pemeliharaan materiil, sarana dan prasarana dukungan operasional perkantoran maupun pengembangan sistem.

Ia menambahkan, dengan adanya penurunan anggaran pertahanan selama ini maka pihaknya bersama Mabes TNI memfokuskan pada lima hal yaitu dukungan operasional nyata, kesiapan dan kesiapsiagaan operasional, pemeliharaan alutsista, pendidikan dan latihan serta kesejahteraan prajurit.

Sumber : MEDIAINDONESIA.COM

No comments: