Friday, March 13, 2009

Sea Hunter 12 meter




Kapal Patroli Keamanan laut (Patkamla) atau lebih dikenal dengan KAL Sea Hunter merupakan kapal buatan Fasharkan (Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan) TNI AL yang dirancang khusus untuk keperluan patroli reaksi cepat.

Kapal dengan panjang 12 meter ini menggunakan pendorong system outboard engine. Dilengkapi dengan peralatan navigasi radar, Global Positioning System (GPS) serta memiliki kemampuan angkut 10 personel beserta 4 orang awak kapal.

Konstruksi bangunan kapal didesain aero dan hydro dinamis sehingga mampu mencapai kecepatan maksimal 38 knots.

Desain lambung berbentuk V (V hull), displacement monohull dengan water spray strip ganda di bagian dasar. Bentuk haluan V yang tajam (deep-V) memberikan kemampuan kapal untuk mudah membelah air saat melaju di perairan bergelombang.

Water spray strip ganda berada dibawah untuk menjaga stabilitas kapal pada kecepatan maksimum dan skeg berfungsi untuk memperkuat struktur badan dan stabilitas kapal.

Seluruh badan kapal menggunakan material fiberglass reinforced polyester (FRP) dengan polyester resin untuk aplikasi marine. Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan dengan strandar bangunan kapal bersertifikat Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). ©alutsista



Data teknis Sea Hunter :

No comments: