Thursday, February 05, 2009

Latihan Bersama "Flash Iron 09-01" Berakhir

JAKARTA - Latihan Bersama (Latma) Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut dan US Navy Seal (AS), yang berlangsung selama satu bulan, berakhir dan ditutup secara resmi pada Rabu (4/2), di Dermaga Ujung, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Surabaya.

Panglima Koarmatim Laksamana Muda TNI Lili Supramono dalam keterangan tertulis Armada Timur TNI AL mengatakan, latihan bersama itu bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme pasukan khusus TNI AL mengantisipasi berbagai ancaman baik dari dalam maupun luar negeri.

"Latihan bersama ini, merupakan bentuk kebijaksanaan dan kerjasama Pemerintah RI dengan Amerika Serikat khususnya bidang kemiliteran. Oleh Karena itu, program latihan memiliki aspek yang positif khususnya untuk meningkatkan profesionalisme menghadapi berbagai ancaman," katanya.

Lili berharap, latihan bersama tersebut dapat dilakukan secara terprogram dan berkesinambungan dengan materi latihan yang makin beragam dilandasi prinsip saling menghormati dan menghargai serta menguntungkan kedua pihak.

"Dengan prajurit yang profesional dan peralatan tempur yang canggih, maka tugas TNI AL dalam menjaga kewibawaan dan kedaulatan serta integritas NKRI, khususnya di laut dari segala bentuk gangguan, pelanggaran kejahatan dan ancaman potensi maupun faktual dari dalam maupun luar negeri dapat kita laksanakan dengan baik," ujarnya.

Dalam latihan bersandikan 'Flash Iron 09-01' ini, Pasukan Katak TNI AL mengerahkan empat tim atau 28 personel sedangkan dari US Navy Seal menyertakan 15 personelnya. Selain itu, Koarmatim juga mengerahkan satu unit kapal perang, sebuah helikopter Bell, dua Sea Rider, serta lima perahu karet dengan lokasi latihan meliputi Markas Koarmatim, selat Madura, Pantai Banongan serta Selogiri Banyuwangi.

Sumber : MEDIAINDONESIA.COM

No comments: