Wednesday, January 07, 2009

Sukhoi Siap Diperbantukan di Wilayah Barat Indonesia



MEDAN - Komando Operasi Angkatan Udara I (KOOPSAU I) menyatakan pesawat tempur Shukoi yang ditempatkan di Skadron 11 Lanud Sultan Hasanuddin (KOOPSAU II), Makassar siap membantu pengamanan wilayah udara Indonesia dibagian barat jika dibutuhkan.

"Walau 'home base' Sukhoi di Lanud Hasanuddin, tetapi kalau diperlukan bisa kemari (wilayah Indonesia barat, red)," ujar Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara I (Pangkoops AU I), Marsekal Muda TNI Imam Sufaat, di Medan, Selasa (6/1).

Usai menjadi inspektur upacara dalam Sertijab Danlanud Medan dari Kolonel Pnb A Dwi Putranto kepada Kolonel Pnb HM Tata Endrataka, dia mengatakan, kondisi itu memungkinkan dilakukan karena pesawat jet buatan Rusia itu memiliki kecepatan yang sangat tinggi.

Pesawat tempur yang saat ini masih dalam ujicoba itu hanya membutuhkan waktu satu atau dua jam untuk terbang dari Makassar ke wilayah bagian paling barat Indonesia seperti Sumut dan Aceh.

Meski demikian, menurut dia, dewasa ini kondisi keamanan laut dan udara di wilayah koops AU I masih aman dan hanya ditemukan pelanggaran-pelanggaran batas wilayah terutama di perairan laut Selat Malaka.

Sumber : ANTARA

No comments: