Monday, January 12, 2009

RI-Australia Jalin Kerja Sama Pertahanan

JAKARTA — Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso bersama Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Australia Air Chief Marshal AG Angus Houston, AC AFC menandatangani pernyataan kesepahaman bersama dalam rangka kerja sama pertahanan di Ruang Hening Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (12/1).

Menurut siaran pers Puspen TNI, penandatanganan kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Lombok yang telah ditandatangani oleh Pemerintah RI dan Australia pada tanggal 7 Februari 2008.

Panglima TNI mengatakan, hubungan kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Australia memiliki nilai yang sangat strategis untuk memberikan dukungan bagi tercapainya tujuan bersama guna mempererat hubungan TNI dan Angkatan Bersenjata Australia yang telah terjalin selama ini.

Selain itu, Panglima TNI menambahkan kesepahaman bersama tersebut dapat digunakan sebagai petunjuk bagi kedua angkatan bersenjata dalam melaksanakan kerja sama pada bidang-bidang yang merupakan isu penting saat ini, seperti isu terorisme, keamanan maritim, intelijen, bantuan kemanusiaan, dan penanggulangan bencana, serta misi pemeliharaan perdamaian.

Dengan kesepahaman bersama tersebut diharapkan kegiatan latihan dan kerja sama kedua Angkatan Bersenjata serta masing-masing Angkatan Darat, Laut, dan Udara dapat lebih ditingkatkan lagi sehingga mencapai optimalisasi kerja sama yang memberikan manfaat bagi kedua pihak atas dasar saling memahami dan penuh kesetaraan.

Sumber : KOMPAS.COM

No comments: