Wednesday, December 03, 2008

Universitas Pertahanan Mendekati Kenyataan

Jakarta - Setelah mengalami pasang-surut dalam penyiapannya, Universitas Pertahanan Indonesia atau Unhan kini maju selangkah lagi untuk menjadi kenyataan. Pada Januari 2009 akan dilangsungkan lokakarya pematangan kurikulum dan pada Maret 2009 Unhan akan resmi diluncurkan dengan satu seminar internasional.

Dirjen Strategi Pertahanan Departemen Pertahanan Mayjen TNI Syarifudin Tippe ketika memimpin rapat persiapan Lokakarya Unhan, Selasa (2/12), menyebutkan, Unhan divisikan menjadi lembaga intelektual pertahanan yang terintegrasi dengan sistem nasional dan internasional dalam kerangka kerja sama studi pertahanan. Sementara misi Unhan adalah untuk mencetak calon pemimpin sipil dan militer yang berpengetahuan, serta untuk transfer iptek dan manajemen pertahanan secara komprehensif melalui program pendidikan multidisiplin.

Dengan itu pula, tambah Dirjen Strategi Pertahanan, dapat dikembangkan kapasitas pertahanan negara. Melalui Unhan akan bisa diwujudkan pula pelembagaan pemikiran hubungan sipil-militer.

“Keberadaan Unhan sebagai lembaga intelektual pertahanan akan menyempurnakan sistem pendidikan pertahanan negara dalam menghadapi tantangan strategis,” kata Dirjen.

Sumber : KOMPAS

No comments: