Tuesday, December 02, 2008

Indonesia Akan Tandatangani Konvensi Cluster Bomb Munition



Jakarta - Pemerintah Indonesia akan menandatangani Konvensi Anti-Bom Tandan (Convention on Cluster Munitions/CCM) dalam Konferensi CCM di Oslo, Norwegia 1-4 Desember 2008, guna mendukung perdamaian dunia.

Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono dari Oslo, melalui layanan pesan singkat kepada ANTARA di Jakarta, Selasa (2/12), mengatakan Indonesia seperti halnya negara lain sangat berkepentingan untuk meratifikasi CCM.

"RI berkepentingan memajukan perdamaian dunia. Dan kita dapat menjadi korban bahaya bom tandan atau curah, seperti pasukan Garuda di Lebanon Selatan yang harus menghadapi bahaya bom curah buatan Israel, terutama di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel," katanya.

Penandatanganan CCM diprakasai melalui konferensi regional pertama CCM di Sofia, tempat 42 negara Afrika serta sejumlah organisasi kemasyarakatan dan kemanusiaan dunia seperti Palang Merah Internasional (ICRC) kala itu sepakat menggelar diskusi tentang dampak bom tandan bagi kemanusiaan dan perdamaian dunia, di kota Kampala, Uganda, pada 29-30 September 2008.

Sumber : ANTARA

No comments: