Wednesday, November 12, 2008

KRI Nanggala-402 Dipastikan Overhaul di Korea


KRI Cakra-401 saat serahterima usai overhaul di Daewoo Shipbuilding

ARMATIM - Keputusan mengoverhaul KRI Nanggala-402 yang berada dibawah Satuan Kapal Selam Komando Armada RI Kawasan Timur (Satsel Koarmatim) akan diumumkan beberapa hari kedepan oleh Departemen Pertahanan (Dephan). Sebelumnya Dephan menetapkan dua calon sebagai pemenang tender overhaul kapal selam TNI-AL ini, yakni HDW Jerman dan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd (DSME) dari Korea Selatan.

Dirjen Sarana Pertahanan Departemen Pertahanan (Dephan) Marsekal Muda TNI Eris Herryanto hari ini (12/11) di Jakarta, mengatakan saat ini pihaknya sudah memutuskan dimana overhaul KRI Nanggala tersebut dilakukan. Namun pengumuman belum dilakukan.

"Keputusannya akan segera diumumkan dalam waktu dekat, hingga overhaul dapat segera dilaksanakan mengingat tingkat kesiapan kapal selam tinggal 50 persen. Saat ini Dephan tengah memproses prosedural administrasinya," katanya.

Sebelumnya, TNI AL telah meng-overhaul kapal selam KRI Cakra-401 di Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd (DSME). KRI Cakra telah mengganti perangkat teknologinya dari buatan 1970-an dengan teknologi 1990-an.

Korea Selatan punya peluang besar mendapatkan kontrak ini karena Negeri Ginseng itu merupakan operator sembilan kapal selam tipe 209 Jerman, atau sama dengan dua kapal selam yang dimiliki TNI AL. DSME juga telah membuat delapan kapal selam kelas Changbogo yang kini dioperasikan negeri itu.

Sumber : DISPEN TNI

No comments: