Wednesday, November 05, 2008

AS Ingin Tingkatkan Kerja Sama Bidang Pertahanan Dengan RI



Jakarta, DMC - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Juwono Sudarsono, Selasa (4/11) menerima kunjungan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Cameron R. Hume di kator Departemen Pertahanan RI, Jakarta. Dalam kunjungan tersebut Dubes AS menyampaikan harapannya untuk meningkatkan hubungan kerja sama antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Amerika Serikat khususnya di bidang defence cooperation (kerja sama pertahanan).

Dubes AS mengatakan, walaupun saat ini terkadang ada beberapa pandangan dari kalangan politik yang mempunyai penilaian berbeda, tetapi menurutnya hal itu hanyalah merupakan masalah teknis.

Lebih lanjut Dubes AS menjelaskan, bahwa yang terpenting saat ini defence cooperation (kerja sama pertahanan) antara kedua Angkatan Bersenjata tetap terjalin dengan erat dan baik. Diakuinya, Indonesia mempunyai masa depan yang cukup bagus, karena termasuk sebagai salah satu negara yang mempunyai kemampuan dalam penanganan setiap masalah dan krisis. Oleh karena itu, AS mengharapkan hubungan dengan Indonesia akan terus ditingkatkan.

Sementara itu menyambut keinginan pemerintah AS tersebut, Menhan Juwono Sudarsono menyambutnya positif. Namun demikian, Indonesia juga mempunyai pandangan dan standar dalam setiap melakukan hubungan bilateral dengan negara lain yaitu strategic partnership. Sebagai contoh dalam pembuatan MoU kerja sama pertahanan dengan Philipina, Singapura, India, China dan beberapa negara lain.

Disamping itu, menurut menhan dengan adanya perubahan dari situasi dunia dalam peta politik, juga akan membawa beberapa perubahan dalam menangani suatu persoalan. Kalau dahulu banyak menggunakan hard power, sementara pada saat kondisi saat ini dengan adanya pergeseran nilai maka penanganan setiap permasalahan akan lebih banyak menggunakan soft approach.

Sumber : DMC

No comments: