Monday, October 20, 2008

Indonesia-Belanda Mantapkan Kerjasama Industri Kapal Perang



Jakarta - Kerja sama industri pertahanan khususnya menyangkut kapal perang jenis Korvet akan makin dimantapkan antara Indonesia dan Belanda.

"Kerjasama industri pertahanan, terutama kapal perang Korvet, terutama difokuskan adanya alih teknologi kepada para teknisi Indonesia, khususnya personel TNI Angkatan Laut," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul kepada ANTARA di Jakarta, Minggu (19/10).

Iskandar mengemukakan komitmen kerja sama tersebut adalah salah satu hasil kunjungan kerja Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno ke Negeri Kincir Angin pada 18-19 Oktober 2008 kemarin.

Iskandar yang menyertai kunjungan itu mengemukakan, selama di Belanda Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dan Kasal Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno mengadakan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Belanda yang diterima wakilnya J.G. de Vries.

Selama pertemuan, kedua pihak membahas berbagai kerjasama pertahanan dan militer yang telah terjalin baik antara kedua pihak, tidak saja dalam bidang pendidikan perwira kedua angkatan bersenjata tetapi juga kerjasama industri pertahanan, khususnya kapal perang Korvet.


Rangkaian kunjungan kerja juga diisi dengan pemberangkatan Kapal Perang Korvet Kelas Sigma ketiga TNI AL (KRI Sultan Iskandar Muda/ 367) dari galangan kapal Royal Schelde Naval Shipbuilding di Vlissingen , Belanda ke Indonesia.

"Diperkirakan, kapal korvet ketiga itu akan tiba di Indonesia pada 2 Desember 2008 dan akan ditempatkan di Lantamal Armatim serta akan ditampilkan pada HUT TNI AL pada 5 Desember 2008," katanya.

Sumber : ANTARA

No comments: