Friday, September 05, 2008

TNI AU & Korean Air Force Tingkatkan Kerjasama



Jakarta - TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara Korea Selatan (Republic of Korea Air Force/ROKAF) sepakat meningkatkan kerja sama, tidak saja dalam pertukaran siswa sekolah staf komando.

"Selain kunjungan kehormatan dan ini juga merupakan ajang untuk meningkatkan kerja sama kedua angkatan udara," kata Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Subandrio usai mendampingi Kepala Staf Angkatan Udara KoreaSelatan Jenderal Kim Eun-Gi bertemu Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono di Jakarta, Jumat (5/9).

Dikonfirmasi ANTARA ia mengatakan, selama ini kerja sama angkatan udara kedua negara baru sebatas pertukaran siswa sekolah staf komando TNI AU (Seskoau) dan Sekolah Sfaf Komando Angkatan Udara Korea Selatan .

"Ke depan, kita akan tingkatkan kerja sama yang telah ada menjadi lebih luas lagi seperti kemungkinan latihan bersama antara kedua angkatan udara," ujarnya.

Sebelumnya, dalam pertemuan bilateral di Mabes TNI AU Cilangkap, kedua pimpinan angkatan udara tersebut sepakat untuk melakukan pertukaran kunjungan (exchange visit) antara pejabat angkatan udara dua negara secara rutin.

"Pertukaran kunjungan itu, bertujuan untuk saling menjajaki kemungkinan kerja sama apa saja yang bisa dilakukan di masa datang antara kedua angkatan udara," kata Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI AU Marsekal Pertama Chaeruddin Ray.

Melalui penjajakan yang rutin tersebut, tambah dia, tidak menutup kemungkinan kerja sama yang telah ada dapat ditingkatkan menjadi lebih luas lagi seperti latihan bersama antara angkatan udara kedua negara.

Chaeruddin mencontohkan, pertukaran kunjungan juga intensif dilakukan TNI AU dengan angkatan udara Malaysia, Singapura dan Thailand dan kini angkatan udara empat negara telah memiliki agenda rutin latihan bersama secara bilateral.

Sumber : ANTARA

No comments: