Monday, September 01, 2008

TNI AL Terima Korvet Sigma ke-3 Dari Belanda


KRI Sultan Iskandar Muda (367) dan KRI Frans Kaisiepo (368). Foto : AMBALAT

Belanda - TNI AL telah menerima kapal perang ketiga jenis korvet dari galangan kapal Royal Schelde Naval Shipbuilding di Vlissingen, Belanda.

Konsul Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Denhaag, Firdaus Dahlan dalam keterangannya kepada koresponden Antara, London, Sabtu (30/8) mengatakan kapal perang tersebut langsung diserahkan kepada Panglima Koarmatim Laksama Muda Lilik Supramono.

Dikatakannya, penyerahan kapal perang yang diberi nama "KRI Sultan Iskandar Muda (367)" itu juga dihadiri anggota DPR Aceh yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Belanda.

Menurut Firdaus Dahlan, terlihat kebanggaan dan kebahagiaan masyarakat Aceh yang terpancar pada saat mengikuti prosesi upacara penyerahan kapal yang berlangsung di Geladak Kapal KRI Iskandar Muda.

Prosesi serah terima kapal perang canggih itu disaksikan Dubes RI Den Haag JE Habibie yang secara resmi memberikan Bendera Merah Putih kepada Panglima Koarmatim untuk dikibarkan di atas kapal sebagai pertanda kapal perang tersebut secara resmi telah diterima dan menjadi milik TNI AL Republik Indonesia.

Menurut Firdaus , upacara serah terima yang dilakukan di geladak kapal tersebut berlangsung khidmat, dan kapal perang tersebut tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Aceh karena nama tokoh salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Aceh diabadaikan , tetapi juga menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

Kapal perang ini nantinya akan dioperasikan di kawasan Armada Timur dan dalam waktu dekat akan segera dibawa ke tanah air oleh para awak kapal TNI- AL yang semenjak beberapa waktu yang lalu telah berada di Belanda untuk mendapat berbagai pelatihan dan keterampilan.

Kapal perang jenis korvet tersebut dirancang bangun sesuai dengan kebutuhan Indonesia sebagai negara kepulauan yang dalam pembangunannya senantiasa mendapat pengawasan dari perwira TNI-AL, demikian Firdaus Dahlan.

Sumber : ANTARA

No comments: