Monday, September 01, 2008

Menhan Terima Kunjungan Dubes Korsel yang Baru



Bahas Pembelian Kapal Selam dan LPD

Jakarta, DMC – Menteri Pertahanan (Menhan RI) Juwono Sudarsono menyambut positif kunjungan Duta Besar (Dubes) Korea Selatan (Korsel) yang baru untuk Indonesia H.E. Kim Ho Young Dubes Korsel yang didampingi Atase Pertahanan Korsel untuk Indonesia Col. Lee Wan, Senin (1/9), di kantor Dephan Jakarta. Maksud kunjungan ini selain membicarakan cooperation agreement antar kedua negara juga membicarakan tentang pembelian kapal selam.

Menyinggung mengenai pembelian kapal selam, Menhan menjelaskan hal itu masih dalam tahap pembahasan dan tentunya akan disesuaikan dengan belanja anggaran pertahanan yang mengalami penurunan saat ini. Namun demikian masalah kapal selam akan menjadi agenda setting dan akan ditinjau ulang serta disesuaikan dengan skala prioritas.

Lebih lanjut menhan menambahkan bahwa sekarang ini Dephan/TNI mengutamakan kapal-kapal LPD karena kapal yang termasuk dalam alutsista angkut ini bisa menampung atau membawa lima helikopter sekaligus. Kemungkinan untuk tahun ini Dephan/TNI akan menerima satu unit dan selebihnya pihak Korsel berjanji akan mengirimkan kekurangannya di tahun-tahun berikutnya.



Dijelaskan Menhan kapal LPD saat ini termasuk dalam prioritas karena kapal jenis ini merupakaan alat transportasi yang mempunyai fungsi sebagai emergency respons yang dapat digunakan untuk operasi-operasi kemanusiaan. Hal ini merupakan wujud pengabdian TNI terhadap bangsa dan negara khususnya dalam menanggulangi bencana seperti tsunami.

Dalam pertemuan itu juga disinggung mengenai cooperation agreement antara kedua negara yang akan dimulai dalam waktu dekat. Wujud nyata dari kerja sama tersebut akan diadakannya dalam bentuk trainning dan education serta latihan gabungan antara angkatan bersenjata kedua negara.

Kesempatan tersebut menhan didampingi Dirjen Ranahan Dephan Marsda TNI Eris Heryanto, S.Ip, M.A, Staf Ahli bidang Keamanan Mayjen TNI Adang Sondjaja, Direktur Anlingstra Dirjen Strahan Dephan Brigjen TNI Marciano Norma dan Kepala Biro Humas Setjen Dephan Brigjen TNI S. Hariyanto. (ER/HDY)

Sumber : DMC

No comments: