Tuesday, September 23, 2008

4 Radar Intai Segera dibangun di Selat Makassar



Jakarta - Sebanyak empat radar intai bantuan Amerika Serikat (AS) akan segera dibangun di Selat Makassar, guna mendukung pengamanan di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II dan keamanan maritim ASEAN secara umum.

"Diharapkan, akhir Oktober atau awal November 2008 empat radar itu sudah bisa operasional," kata Menteri Pertahanan (Menhan) Juwono Sudarsono ketika dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Selasa (23/9).

Ditemui usai menghadiri upacara serah terima jabatan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla), ia mengatakan, Pemerintah RI telah menyetujui pembangunan tujuh radar bantuan Amerika Serikat (AS), di Selat Makassar, guna mendukung pengamanan di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Pendirian tujuh radar bantuan AS itu juga bertujuan mendukung pertahanan dan keamanan maritim se-ASEAN.


Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI)

Juwono mengemukakan Pemerintah AS berkomitmen untuk membantu peningkatan daya mampu (capacity building) Indonesia dalam mengamankan wilayah perairannya, yang salah satunya adalah dengan memberikan bantuan radar intai (surveillence radar) ini.

Pengajuan pendirian radar intai di Selat Makassar itu telah diajukan sejak 2006 lalu, namun pelaksanaannya baru akan dilaksanakan secara bertahap mulai 2008, tutur mantan Duta Besar RI untuk Inggris itu.

Sebelumnya, Pemerintah AS juga telah memberikan bantuan lima radar intai di sepanjang Selat Malaka, untuk mengamankan selat terpadat di dunia tersebut.

Pembangunan lima radar yang terintegrasi dalam sistem pengintaian maritim terintegrasi (Integrated Maritime Surveillance System/IMSS), hingga kini masih terus berjalan, sedangkan empat radar Indonesia di Selat Malaka telah selesai pembangunannya.

Pengamanan Selat Malaka selama ini dilakukan bersama antara tentara Indonesia, Malaysia, dan Singapura dalam bentuk patroli terkoordinasi yang diluncurkan pada Juli 2004.

Saat ini kerjasama tiga negara pantai dalam kerangka Malsindo itu telah mampu menekan tingkat kejahatan laut di Selat Malaka hingga 70 persen. (*)

Sumber : ANTARA

No comments: