Wednesday, August 27, 2008

TNI Kembangkan Jaringan Komando Terpusat

TNI tengah mengembangkan sistem jaringan terpusat untuk sarana komando dan pengendaliannya. Jika saat ini fasilitas masih sekitar komando, kendali, komunikasi dan intelijen, ke depan akan ditambah dengan komputer, pengintaian, dan pengamatan.

Tujuannya, agar aliran informasi dari bawah ke atas maupun perintah dari pemimpin ke satuan bawah sampai dengan baik dan benar. "Sehingga tindakan atau keputusan yang diambil juga cepat, tepat, dan efisien," kata Asisten Perencanaan KSAU Marsda Erry Biatmoko saat membuka seminar yang diadakan dinas penelitian dan pengembangan TNI AU di Bandung, Selasa (26/8).

Jaringan terintegrasi diperlukan seiring makin kompleksnya tugas TNI. Terlebih, perkembangan teknologi komputer dan informasi telah mentransformasikan operasi militer dari konvensional menjadi berbasis teknologi. Sistem ini memiliki kemampuan memberikan kewaspadaan situasional mengolah data dengan sempurna serta memiliki tingkat pengamanan yang tinggi.

Erry berpesan tentang pentingnya kemandirian teknologi. "Kuasai teknologi secara mandiri. Tak perlu bergantung negara lain," kata lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1976 itu sebagaimana siaran pers yang diterima redaksi.

Sumber : JURNALNASIONAL

No comments: