Tuesday, August 19, 2008

Tiga Sukhoi dijadwalkan Tiba di Makassar September Nanti



MAKASSAR - Pangkalan TNI AU Hasanuddin, Makassar, September nanti akan kedatangan lagi tiga pesawat tempur jenis Sukhoi dari Rusia. Tiga pesawat itu adalah bagian dari empat pesawat yang diprogramkan tiba di Makassar pada 2008 ini.

Panglima Komando Operasi TNI AU II Marsekal Muda Yushan Sayuti di Makassar, Sabtu lalu (16/8), mengatakan, tiga pilot saat ini telah disiapkan untuk mengoperasikan pesawat tersebut. "Ketiga pilot itu baru saja mengikuti pendidikan dan pelatihan singkat tiga bulan di Rusia," ujar Yushan Sayuti.

Menurut Yushan, Lanud Hasanuddin akan lebih fokus mengoperasikan pesawat Shukoi untuk menjaga kedaulatan RI di kawasan timur Indonesia. "Mengingat pertahanan udara itu tidak bersifat parsial, tentu saja tetap senantiasa saling berkoordinasi dalam skala nasional di bawah naungan Mabes TNI AU," katanya.

Kepala Penerangan Komando Operasi TNI AU II Mayor Sus Sonaji Wibowo menambahkan, sejauh ini pesawat Sukhoi yang ditargetkan berbasis di Makassar semuanya sebanyak 10 pesawat. "Kalau tidak ada perubahan jadwal, empat tambahan di antaranya ditargetkan tiba pada 2008 ini dan dua lainnya pada 2009," kata Sonaji.(NAR)

No comments: