Monday, August 04, 2008

Sukhoi Venezuela Siap Hadang Kapal AS



CARACAS, SENIN (4/8) - Venezuela siap menghadapi kemungkinan agresi militer yang dilancarkan oleh Amerika Serikat. Penegasan ini disampaikan oleh Presiden Venezuela Hugo Chavez menanggapi kesiagaan 24 pesawat tempur produksi Rusia, Sukhoi, yang disiagakan untuk mengantisipasi serangan militer dari armada kapal Angkatan Laut AS, Fourth Fleet.

"Pesawat tempur Sukhoi yang telah dikirimkan ke Venezuela itu akan digunakan untuk tujuan pertahanan, bukan untuk menyerang siapapun," kata Hugo Chavez. Pernyataan Chavez ini merupakan sambutan menanggapi pembelian 24 pesawat Sukhoi senilai multi miliar dolar AS yang ditujukan untuk mengantisipasi kemungkinan serangan militer AS.

Fourth Fleet sempat diaktifkan selama Perang Dunia II, namun armada ini dinon-aktifkan pada tahun 1950. Angkatan Laut AS mengumumkan akan kembali mengaktifkan Fourth Fleet untuk mengarahkan armada angkatan laut AS di Karibia dan Amerika Latin. Beberapa sumber di Washington membantah Fourth Fleet diaktifkan kembali untuk menyusun serangan ke Venezuela.

Sumber : KOMPAS.COM

No comments: