Friday, July 11, 2008

Workshop Forum Teknologi Industri Pertahanan Ke-2



Konsep Rancang Bangun Mini-Sub dan Rantis 4x4

Jakarta - Direktorat Teknologi Industri, Direktorat Jenderal Sarana Pertahanan Departemen Pertahanan (Dittekind Ditjen Ranahan Dephan) mengadakan Workshop Forum Teknologi Industri Pertahanan ke-2, Kamis (10/7), di kantor Dephan, Jakarta.

Maksud dan tujuan workshop ini adalah untuk membahas materi yang telah disampaikan pada pertemuan ke-1.

Melalui Workshop Forum Teknologi Industri Pertahanan yang ke-2 ini, diharapkan menghasilkan materi-materi seakurat mungkin dalam rangka menyusun konsep rancang bangun kapal selam mini, pengembangan Alat komunikasi Riset dan Kendaraan taktis (Rantis) 2,5 ton type 4x4 yang diperlukan dalam pembuatan alutsista TNI oleh industri pertahanan dalam negeri.

Pada pertemuan pertama dapat disimpulkan beberapa hal diantaranya tentang rencana pembuatan kapal selam mengenai fungsi, peninjauan secara praktis dan teknis yang secara garis besar sudah diketahui keinginan pembuatan kapal selam ini.

Dalam rangka penyusunan konsep diharapkan dapat menampilkan beberapa hal yang langsung kepada materi pembuatan kapal selam. Pada pertemuan awal PT Pindad berencana mengembangkan Rantis 2,5 ton (Truck Maesa) yang setelah dioperasikan ditemukan beberapa kelemahan. Untuk kedepan diharapkam kelemahan-kelemahan tersebut dapat ditekan seminimal mungkin.

Kegiatan Workshop ini melibatkan berbagai pihak yaitu dari pemerintah, industri strategis di bidang pertahanan dan kalangan akademisi. Sebagai peserta workshop antara lain, perwakilan dari Dislitbangal, Dislitbangad, Dislitbangau dan perwakilan dari PT Pindad, PT PAL, PT LEN, PT DI serta pihak akademisi seperti UI, ITB, UGM, dan UTS.


Ujicoba mini-sub buatan Dislitbang TNI-AL

Pada kesempatan ini juga ditampilkan sekilas gambaran tentang proses cutting plate KRI Cakra pada saat melaksanakan over haul di Korea Selatan dan pemberian informasi tentang kapal selam dari Sesditjen Ranahan Laksma TNI Susilo guna pengkayaan wawasan sehingga kualitas produk workshop forum ini lebih maksimal dan bermanfaat serta dapat menghasilkan konsep yang berhasil dan berdaya guna. (ER/HDY)

No comments: