Monday, June 09, 2008

Koarmatim Mendapat Serangan Mendadak



ARMATIM - Menjelang keberangkatan gugus tugas latihan gabungan TNI 2008, saat kesibukan embarkasi pasukan dan material tempur TNI sedang berjalan dibeberapa kapal perang yang sedang beaching di pangkalan Koarmatim, tiba-tiba 2 pesawat musuh jenis Hawk melakukan penyerangan terhadap unsur-unsur TNI yang sedang embarkasi, Senin (9/6.)

Penyerangan kedua pesawat tempur jenis Hawk musuh sempat merepotkan prajurit TNI AL, namun dengan kesigapan yang ada para prajurit tersebut melakukan serangan balasan melalui Artileri pertahanan pangkalan baik yang ada didarat maupun yang ada dikapal perang (KRI) yang sedang sandar.

Beberapa fasilitas pangkalan koarmatim mengalami kerusakan dan menimbulkan kebakaran hebat namun dapat diatasi oleh 2 unit mobil pemadam kebakaran yang bekerja dengan sigap memadamkan kebakaran akibat serangan dua pesawat musuh tersebut.

Serangan pesawat musuh tersebut merupakan serial skenario Latgab TNI 2008 dimana sebelumnya para prajurit tidak diberitahu, menurut kadispenarmatim Letkol Laut Toni Syaiful hal seperti itu selalu dilakukan guna melihat sejauh mana para prajurit TNI dapat mengatasi serangan kilat seperti itu dan semua itu adalah bagian dari Skenario Latgab TNI.

Embarkasi Material Latgab

Embarkasi persenjataan berat dan Tank (Minggu (8/6) tampak terlihat mulai memasuki perut kapal perang (KRI) yang sedang sandar dan beaching di pangkalan Koarmatim untuk mengikuti Latihan Gabungan TNI 2008 yang akan dihelat pertengahan Juni mendatang.

Berbagai mesin perang diantaranya Tank Amfibi , RRF , Kapa , dan persenjataan Howitzer, Truk mulai memasuki perut KRI. Sementara itu pada malam harinya kegiatan yang sama terus berlangsung setelah iring-iringan Tank Marinir yang berangkat dari Pasmar I Karangpilang Surabaya tepat pada pukul 21.00 Wib tiba dipangkalan Koarmatim selanjutnya akan melakukan embarkasi.

Kesibukan di pangkalan TNI AL Koarmatim Surabaya seminggu terakhir ini terus meningkat dalam menghadapi Latgab TNI 2008 bahkan mendapat perhatian dari masyarakat sekitar pangkalan, sementara itu diberbagai sisi jalan sekitar Koarmatim berbagai spanduk yang bertuliskan “ANDA MEMASUKI KAWASAN LATIHAN GABUNGAN TNI 2008” turut menghiasi sekitar pangkalan Koarmatim.

No comments: