Thursday, June 12, 2008

F-16 Menuju Pangkalan Aju



Pesawat-pesawat tempur F-16 Fighting Falcon secara bersama-sama berangkat dari Lanud Iswahjudi menuju Pangkalan Aju Lanud Hasanuddin Makasar-Sulawesi Selatan, Kamis (12/6) sebagai unsur tempur satuan udara dalam rangka Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2008.

F-16 Fighting Falcon sengaja ditempatkan di Makasar yang relatif jauh dari sasaran dengan pertimbangan bahwa pesawat tersebut mempunyai kemampuan manuver/Radius Action yang lebih jauh dibanding pesawat tempur lain. Hal ini untuk menjamin keamanan dan efektifitas operasi tempur udara yang tidak bertumpu pada satu Pangkalan Aju saja.

Dalam Latgab TNI 2008 ini Fighting Falcon akan dikerahkan untuk melakukan operasi perang udara berupa Bantuan Serangan Udara Langsung (BSUL) dalam rangka membantu Satuan Tugas Laut yang sedang melaksanakan Operasi Tempur Laut Gabungan (Opspurla). Juga melakukan operasi Serangan Udara Langsung (SUL) pada Operasi Linud, dengan maksud menghancurkan/melumpuhkan kekuatan musuh.


Komandan Skadron Udara 3 Mayor Pnb Fajar Adriyanto melakukan persiapan berangkat menuju Pangkalan Aju Lanud Hasanuddin Makasar dalam rangka melaksanakan Operasi tempur Udara, sebagai bagian dari Latgab TNI 2008.

Selain SUL dan BSUL Fighting Falcon juga melaksanakan Operasi Perlindungan Udara di Mandala, yang dimaksudkan melindungi dan mengamankan unsur tempur lainnya yang sedang melaksanakan Operasi Tempur di darat maupun di laut, agar terhindar dari ancaman kekuatan udara lawan.

Sejumlah Fighting Falcon yang didukung 68 personel yang terdiri dari awak pesawat maupun personel pendukung lainnya, dipimpin langsung oleh Komandan Skadron Udara 3 Mayor Pnb Fajar Adriyanto. Dengan demikian seluruh pesawat-pesawat tempur telah berada di Pangkalan Ajunya masing-masing, F-5 E Tiger II di Lanud Balikpapan dan F-16 Fighting Falcon bersama Sukhoi SU-27 dan SU-30 di Lanud Hasanuddin Makasar. ***Pentak Lanud Iwj.

Sumber : DISPENAU

No comments: