Thursday, May 22, 2008

Cobra Gold 2008 ditutup di Lopburi, Thailand


The Cobra Gold 2008 multi- national joint military exercise was held in coordination between the USA, Thailand, Singapore, Indonesia and Japan with 14,373 participants being involved to promote regional peace and security.

Angkatan Bersenjata dari lima negara Thailand, Amerika Serikat, Singapura, Jepang dan Indonesia selesai melaksanakan latihan bersama Cobra Gold 2008 dan ditutup dalam upacara resmi oleh Duta Besar Amerika Serikat, Ralph L. Boyce dan Panglima Angkatan Bersenjata Thailand, Jenderal Boonsrang Niempradit bertempat di Lopburi, Thailand (21/5).

Selama dua minggu tentara dari ke lima negara, bekerja dan berlatih bersama dalam suatu latihan gabungan yang dirancang untuk mempersiapkan prajurit Angkatan Bersenjata dari masing-masing negara secara bersama-sama untuk menjaga dan meningkatkan keamanan di kawasan dalam bentuk latihan bersama (Joint Exercise ). Menurut Panglima Angkatan Bersenjata Thailand, Jenderal Boonsrang Niempradit mengatakan latihan Cobra Gold 2008 ini merupakan latihan bersama yang dipersiapkan untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan terjadinya krisis keamanan pada masa yang akan datang.

Dalam upacara penutupan latihan tersebut, Duta Besar Amerika Serikat untuk Thailand, Ralp L. Boyce, latihan Cobra Gold 2008 ini sangat bermanfaat dalam membangun kebersamaan untuk menjaga keamanan di kawasan dan merupakan salah satu program latihan yang dilaksanakan militer Amerika Serikat di wilayah Asia Pasifik, serta dalam latihan kali ini juga dilaksanakan kerjasama dalam bentuk pasukan pemeliharaan perdamaian ( Peace Keeping Force ) dan bantuan kemanusiaan, termasuk juga dalam membantu bencana alam akibat Tsunami yang terjadi beberapa tahun lalu. Beliau juga sangat menghargai atas partisipasi dari ke lima negara dalam upaya mensukseskan latihan Cobra Gold 2008 ini.

Latihan bersama Cobra Gold ini merupakan latihan militer tahunan yang bersifat multinasional, yang juga merupakan upaya meningkatkan hubungan baik antar negara di kawasan dengan melaksanakan berbagai kegiatan dalam bentuk bantuan kemanusiaan. Hadir dalam upacara penutupan latihan Cobra Gold 2008 kali ini, para kepala perwakilan dari Jepang, Singapura dan Indonesia serta Kepala Staf Angkatan Darat Thailand, Jenderal Anupong Poochinda.

No comments: