Tuesday, April 22, 2008

Presiden SBY dan Sultan Bolkiah dijadwalkan Hadir di pra Latgab TNI

Jakarta,Tribun -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Kepala Negara Brunei Darussalam, HM Sultan Haji Halssanal Bolkiah, Rabu (23/4) menurut rencana bakal menyaksikan bareng pra latihan gabungan TNI di stadion Denma Markas Besar TNI Angkatan Udara.

Mereka berdua bersama petinggi TNI sekitar pukul 08.00 WIB menyaksikan demonstrasi pembebasan sandera dan upacara penyempatan wing penerbang kehormatan dan pengangkatan warga kehormatan Kopaskhas.

Hal ini dikemukakan Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono usai mendampingi Presiden Yudhoyono menerima kedatangan HM Sultan Haji Halssanal Bolkiah dan istri yakni, HM Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/4).

Menurut Juwono, kehadiran Bolkiah dalam pra latgab bukan untuk menakut-nakuti pemerintah Brunei akan kekuatan militer Indonesia. "Bukan untuk menakut-nakuti. Semua negara tetangga sudah paham," kata Juwono.

Juwono mengemukakan, latihan gabungan yang sedianya dilakukan di Natuna, Batam, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan pada pertengahan Juni mendatang merupakan latihan rutin yang berjalan sepuluh tahun sekali.



"Ini malah kita sudah ketinggalan dua tahun, biasanya setiap 10 tahun kita bikin latgab. Ini karena ketersedian anggaran terbatas," paparnya.

Pada kunjungan kenegaraan Bolkiah di Istana Merdeka, pemerintah menggelar foto bersama, sebelum menyelenggarakan upacara penyambutan kenegaraan.

Dalam pertemuan ini, kedua pemirintahan akan menggalang MoU mengenai kerjasama kebudayaan. Kerjasama ini ditandatangani Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI dan Menteri Kebudayaan, Belia Sukan Negara Brunei Darussalam disaksikan oleh Presiden RI dan Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Sri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah.

Selepas pertemuan bilateral, Bolkiah berencana bermain bulutangkis di pelatnas PBSI Cipayung. Dan selanjutnya, melakukan santap malam bersama. Bolkiah dan rombongan bakal kembali ke Brunai pada Kamis, (24/4) siang. (*)

Sumber : TRIBUN TIMUR

Berita terkait lainnya :
Presiden Tawarkan CN-235 ke Sultan Bolkiah

No comments: