Saturday, April 12, 2008

Indonesia Siap Produksi Kapal

Transfer Teknologi Korvet Sigma

TEMPO Interaktif, Makassar:Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Sumardjono mengatakan ke depan Angkatan Laut berkomitmen tak lagi membeli kapal dari luar negeri. Kapal akan memproduksi sendiri di dalam negeri.

Angkatan Laut sudah melakukan transfer teknologi lewat paket pembelian kapal ke luar negeri. Salah satunya, empat kapal sigma class (corvette) di galangan kapal Royal Schelde, Vlissingen, Belanda."Kami sudah mengikutkan personil belajar di sana," kata Sumardjono. "Mudah-mudahan sudah bisa dibangun di Indonesia."

Sumardjono berada di Makassar untuk mengukuhkan pengoperasian KRI Sultan Hasanuddin-366, di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Jumat (11/4). Menurut Sumardjono, dengan paket alih teknologi dan pembelian senjata maka target strategis pembangunan Angkatan Laut sudah harus berjalan. "Jadi setiap pembelian apapun, seperti kapal, tank dan pesawat terbang bisa dibuat sendiri."

TNI memiliki 148 KRI. Jumlah ini dinilai belum ideal jika dibandingkan luas wilayah Indonesia. TNI memprioritaskan penggunaan kapal memaksimalkan pada daerah yang dianggap rawan.

Angkatan Laut secara bertahap akan menenambah armada. Misalnya dua dari empat kapal jenis sigma class (corvette) dipesan sudah resmi beroperasi sebagai KRI Diponegoro-365 dan KRI Sultan Hasanuddin-366. Dua lagi masih dalam proses penggarapan yakni KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan KRI Frans Kaisiepo-368. Kedua kapal ini akan selesai akhir 2008 dan setahun kemudian.

Sumber : TEMPOINTERAKTIF

No comments: