Wednesday, April 09, 2008

Hercules TNI diretrofit di Singapura



MALANG - Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur, Marsekal Pertama lrawan Suporno mengatakan, satu dari lima pesawat angkut militer jenis Hercules C-130B akan diremajakan ke Singapura.
Peremajaan yang rencananya dilakukan pada pertengahan tahun 2008 ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan alat utama sistem persenjataan TNI AU.

"Satu Hercules akan di-retrofit biar kemampuannya setara dengan jenis Hercules C-130H," kata Irawan setelah membuka pameran tentang TNI AU di Malang, kemarin. Menurut !rawan, dalam retrofit nanti mesin pesawat buatan 1960-an itu akan diganti dengan mesin pesawat Hercules tipe H buatan 1980-an. Dengan penggantian ini, kemampuannya meningkat dari semula 4.050 equivalent shaft horsepower (ESHp) menjadi 4.900 ESHp.

Selain diganti mesinnya, kata Irawan, sistem avionik atau peralatan elektronik penerbangan lima pesawat Hercules itu juga diganti termasuk beban material pesawat yang sudah tua, sehingga keamanannya lebih terjamin saat digunakan.

Proyek peremajaan sudah dicanangkan sejak 2004. Tapi jadwal pelaksanaannya molor karena dana masih tertahan di Departemen Keuangan. Untuk peremajaan ini pemerintah mengalokasikan anggaran US$ 51 juta yang akan dibayarkan melalui kredit ekspor 20042009.

Meski pengerjaannya di Singapura dan ditangani STAe, kata Irawan, TNI AU mengirimkan sejumlab teknisi untuk ikut belajar di sana. Diharapkan, mereka bisa mengambil alih teknologi perawatan Hercules.

Sumber : KORAN TEMPO

No comments: