Monday, April 07, 2008

Frigate Formidable Royal Singapore Navy



Rancang Bangun

Frigate kelas Formidable ini dibuat berdasarkan rancangan Frigate Angkatan Laut Perancis kelas La Fayette, tetapi ukurannya lebih kecil. Memiliki rancang bangun berteknologi siluman (stealth) dengan tingkat deteksi radar, akustik, infra-merah dan electromagnetic yang sangat rendah.

Dilengkapi dengan system otomatisasi tingkat tinggi dan integrated combat and ship management systems. Sehingga frigate ini cukup diawaki oleh sekitar 70 personil.

Ukuran panjang keseluruhan 114,8 meter, beam 16,3 meter dan draught 6 meter. Bobot keseluruhan (full load displacement) mencapai 3.200 ton.

Komando dan Sistem Kendali

Sistem manajemen tempur untuk frigat ini dibangun oleh DSTA bekerja sama dengan ST Electronic, Singapore guna memenuhi kebutuhan operasional RSN.

DSTA juga bertanggung jawab untuk integrasi system tempur yang dipasang dikapal ini. Standard Operation Common Console dengan layer saji LCD berukuran diameter 20 inci dipasok oleh Singapore Technology Electronics yang merupakan anak perusahaan dari ST Engineerig, yang juga merupakan pemasok untuk perangta komunikasi kapal ini.

Peluru Kendali

Formidable dilengkapi dengan persenjataan misil permukaan-ke-permukaan Harpoon dari Boeing, yang memiliki jarak tembak maksimum 130 km dan menggunakan kendali radar aktif. Misil ini memiliki hulu ledak seberat 227 kg.

Kapal ini dilengkapi juga dengan system peluncur rudal vertical Sylver buatan DCN untuk meluncurkan misil permukaan-ke-udara Aster 15 dari MBDA. Jumlahnya empat unit yang terdiri dari 8 sel SYLVERR A43 dengan total 32 misil.



Meriam utama dari Frigat ini adalah Super Rapid Gun caliber 76/62 buatan Oto Melara - Itali. Sedangkan untuk peperangan anti-kapal selam kapal ini dilengkapi dengan perangkat Towed Array Sonar jarak jauh dari EDO Model 980 ALOFTS (Active low frequency towed sonar), dan system senjata torpedo kelas ringan Eurotorp A244S (dahulu dinamakan Whitehead Torpedoes) dengan system peluncur tiga tabung.

Frigat kelas Formidable dilengkapi dengan dek untuk pesawat helicopter yang mampu mengakomodasi pesawat helicopter seberat 10 ton. Juga tersedia hangar yang dilengkapi dengan sarana pendukung dan pemeliharaan helicopter. Untuk kepentingan ini nantinya akan tersedia 15 orang awak yang akan mengoperasikan helicopter.

Kemungkinan pesawat helicopter yang akan digunakan pada Frigat ini adalah jenis Sikorsky S-70B Seahawk, dimana pada bulan Januari 2005 lalu pihak Kementrian Pertahanan Singapura telah memesan sebanyak enam unit untuk penyerahan antara tahun 2008-2010.

Perangkat sensor yang dipasang pada frigat ini antara lain radar multi fungsi Herakles buatan Thales sebagai radar surveillance utama. Selain itu juga dilengkapi dengan passive phased array radar tiga dimensi, search & Fire Control radar yang beroperasi pada E- dan F-band. Radar Herakles terintegrasi dengan system senjata misil permukaan-ke-udara Aster.

Sistem radar deteksi permukaan dan navigasi yang digunakan adalah Terma Scanter 2001 yang beroperasi pada I-band.

Frigat Formidable dapat berlayar dengan kecepatan maksimum27 knot dan kecepatan ekonomis 18 knot, dan jarak tempuh 4.000 nautical miles. Tenaga gerak dihasilkan oleh empat unit mesin disel MTU 20V 8000 dengan konfigurasi kombinasi disel-disel (CODAD).

Sumber : MILITERIUM

1 comment:

Agustinus said...

Sedikit meluruskan aja, RSN bukanlah singkatan dari Royal Singapore Navy tapi yang bener Republic of Singapore Navy.

Yang menggunakan Royal sebagai sebutan bagi Navy nya pada umumnya adalah negara2 dengan sistem pemerintahan monarki seperti Inggris atau persemakmuran, contohnya : Australia.