Wednesday, March 26, 2008

Prajurit Marinir Jaga Pulau Terluar Mapia

BIAK--MI: Puluhan prajurit Marinir yang berada di bawah kendali operasi Korem 173 Praja Vira Braja (PVB) ditempatkan untuk menjaga dan mengamankan pulau terluar di kepulauan Mapia, Kabupaten Supiori, Papua.

Komandan Komando Pelaksana Operasi Pengamanan Pulau Terluar Korem 173/PVB, Kolonel Inf Herman Tedez di Biak, Rabu, mengatakan, penempatan prajurit Marinir di sejumlah pulau terluar Mapia, dalam rangka menjaga pengamanan dan eksistensi pulau serta berbagai potensi sumber daya alam di wilayah itu.

"Tugas utama prajurit TNI yang ditempatkan di pulau-pulau terluar untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mewaspadai berbagai ancaman," tegas Kolonel Tedez.

Ia mengakui, setelah prajurit Marinir ditempatkan menjaga keberadaan pulau-pulau terluar Mapia, mereka memberikan berbagai informasi bagi TNI untuk mengamankan berbagai asset dan potensi kekayaan alam di pulau itu.

Kolonel Tedez mengatakan, pulau Mapia dan beberapa pulau terluar lainnya di Kabupaten Supiori dikenal mempunyai potensi kekayaan laut yang sangat melimpah.

Selama ini wilayah perairan laut Papua, menurut Kolonel Tedez, sering menjadi incaran kapal-kapal asing untuk menangkap ikan secara ilegal karena itu harus ada Marinir untuk mencegah illegal fishing dan illegal logging dan lain sebagainya.

"Keberadaan pulau terluar Mapia harus dijaga serta dilindungi sehingga harus ditempatkan prajurit Marinir dalam upaya mengamankan wilayah itu dari berbagai ancaman," ujarnya

Ketika disinggung berapa lama penempatan prajurit TNI untuk pengamanan pulau terluar wilayah teritorial Korem 173/PVB Biak, menurut Kolonel Tedez, selama ini diberlakukan setiap enam bulan sekali.

Kolonel Tedez mengakui, pasukan Marinir yang disiagakan untuk menjaga pulau terluar Mapia sampai saat ini sebanyak satuan setingkat kompi (SSK) atau sekitar 100 personel.

"Pengamanan pulau terluar di wilayah Korem 173/PVB Biak sampai saat ini masih terus berjalan karena ini merupakan kebijakan dari pemerintah pusat dan kami yang di daerah sebagai pelaksana lapangan," ungkapnya.

Kepulauan Mapia, Kabupaten Supiori, terletak di antara laut Pasifik yang berbatasan dengan Negara Valau, memiliki tiga pulau, di antaranya, Mapia, Barasi serta Fanildo. (Ant/OL-03)

Sumber : MEDIA INDONEIA OL

No comments: