Friday, March 14, 2008

Panglima TNI: Presiden di Jadwalkan Akan Hadir Dalam Latgab

Latgab Gabungan (Latgab) 2008 akan disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) pada bulan Juni 2008, nanti akan jadi pameran kekuatan militer berskala raksasa. Pasalnya, tidak kurang dari 30.000 personel tentara dan 70 kapal perang dipastikan akan terlibat pada Latgab tersebut.

Keterangan ini diungkapkan Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan, usai jamuan makan siang di kantor Bupati Pemkab Kutim, Rabu (12/3).

“Presiden dijadwalkan akan hadir bersamaan dengan pendaratan pasukan amphibi dan penerjunan lintas udara. Saat ini, persiapan Latgab dalam tahap peninjauan medan dan penyempurnaan rencana latihan,” tambah Panglima TNI.

“Rencananya pada bulan April digelar gladi posko, yakni latihan tanpa pasukan di titik-titik yang akan dijadikan lokasi Latgab. Puncaknya bulan Juni baru latihan akan dimulai," ujar Panglima TNI, yang baru saja melakukan peninjauan langsung ke Pantai Sekerat, Bengalon, salah satu tempat Latgab.

Ditanya mengenai pertimbangan memilih Kutim sebagai lokasi Latgab 2008, Panglima TNI dengan diplomatis menjawab bahwa seluruh wilayah Indonesia adalah medan latihan bagi TNI. Dijelaskan, sebelumnya latihan serupa sudah pernah dilakukan berkali-kali di Los Palos (Timtim), Ambon, Aceh, Natuna, dan Batam.”Kali ini saja Latgab dilakukan di empat tempat sekaligus yakni di Singkawang (Kalbar), Natuna, Batam dan pusatnya di Sangatta," ungkapnya.

Sumber : DISPENAD
Kunjungan Panglima TNI ke Kutim didampingi sebanyak 22 Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) dari TNI Angkatan Darat (AD), TNI Angkatan Udara (AU) dan TNI Angkatan Laut (AL). Diantaranya terlihat, KASAL Laksamana TNI Sumardjono, dan Pangkostrad Letjen TNI George Toisutta. Kedatangan rombongan Panglima TNI ke Kutim menggunakan dua helikopter TNI jenis Puma dan Superpuma, serta satu kapal perang KRI dr. Suharso.

No comments: