Monday, March 03, 2008

Awak Pesawat Lanud Halim Perdanakusuma Terapung di Sungai Kalijati

Kondisi cuaca akhir-akhir ini sangat buruk, dari citra satelit cuaca terlihat pertumbuhan awan yang hampir merta meliputi daerah Jakarta dan Jawa Barat. Sebuah pesawat angkut yang telah melaksanakan misi operasi dari arah Yogyakarta mengalami kerusakan mesin, posisi dilaporkan berada di sekitar Cilacap dengan heading mengarah ke arah Bandung. Beberapa jam kemudian pesawat tersebut belum tiba di Lanud Halim Perdanakusuma sesuai waktu yang direncanakan.

Setelah pesawat dinyatakan hilang, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma segera memerintahkan pencarian posisi hilangnya pesawat.dari pantuan radar Jakarta Approach, dilaporkan posisi pesawat terakir yang terlihat di radar berada pada jarak 50 nm sebelah tenggara Bandung kemudian pesawat hilang dari pantuan radar dan komunikasi terakir dilaporkan 5 menit setelah hilangnya pesawat dari radar, pilot melaporkan posisi pesawat berada 20 nm approaching Bandung dan meminta menurunkan ketinggian dari 16.500 ft ke 6500 ft untuk melaksanakan terbang visual.

Beberapa jam setelah pesawat dinyatakan hilang, Ruang Operasi Lanud Suryadarma melaporkan bahwa ada sekelompok masyarakat di sekitar Lanud Suryadarma melihat sebuah pesawat terbang sangat rendah dan jatuh di hutan beberapa kilometer dari Lanud Suryadarma. Mendengar berita tersebut Tim SAR TNI Angkatan Udara bersama penduduk setempat segera melaksanakan pencarian, tetapi karena cuaca tidak memungkinkan dan haripun mulai gelap maka akan sangat berbahaya apabila pencarian korban tetap diteruskan saat itu dan diputuskan pencarian akan dilanjutkan keesokkan harinya.

Selengkapnya>>

No comments: