Friday, February 15, 2008

TNI AU Gelar Latihan Pengamanan Udara di Kepulauan Riau



Tanjungpinang - Sekitar 100 personel Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dilibatkan dalam latihan pengamanan udara di wilayah udara Kepri (Kepulauan Riau) yang akan digelar pada 18-27 Februari 2008. Agenda ini hampir bersamaan dengan ajang airshow yang diadakan di Singapura.

Komandan Lanud Kota Tanjungpinang, Letkol (Sus) Tawakal Sidik, Jumat mengungkapkan, latihan pengamanan itu juga disejalankan dengan latihan Cakra Biru yang merupakan program pertahanan keamanan udara secara nasional.

Latihan pengamanan udara menggunakan satu flight atau enam pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dengan melibatkan Squadron III TNI AU dari Madiun.

Latihan itu juga sekaligus untuk menguji alat perlengkapan perang milik TNI AU seperti pesawat tempur dan radar 213 di gunung Ndemit Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri.

Dalam latihan tersebut akan dihubungkan fungsi radar yang menangkap kondisi udara di wilayah Kepri dengan pesawat tempur.

"Penerbangan dimulai dari Bandara Hang Nadim, Batam," katanya kepada wartawan di Tanjungpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Latihan perang yang dilaksanakan secara rutin oleh TNI AU itu tidak menggunakan senjata dan bom.

"Ini hanya latihan biasa, tidak pakai bom dan tembak-tembakan," ujarnya.

Selama ini, kata dia, wilayah udara Kepri yang berbatasan dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Vietnam masih dalam kondisi aman.

"Belum ada ancaman. Namun setiap saat perlu diwaspadai," katanya.

Sumber : ANTARA

No comments: