Saturday, February 02, 2008

Pakistan Ujicoba Rudal Jarak Menengah

Islamabad (ANTARA News) - Pakistan melakukan uji-coba penembakan rudal jarak menengah, demikian laporan kantor berita resmi negeri itu Associated Press of Pakistan (APP).

Grup Rudal Strategis (SMG) di Komando Pasukan Strategis Angkatan Darat Pakistan (ASFC) berhasil melakukan peluncuran pelatihan Rudal Balitik Jarak Dekat (IRBM) Ghuari (Hatf V), kata APP.

Ghauri IRBM memiliki jangkauan 1.300 kilometer. Itu adalah peluncuran rudal kedua dalam satu pekan di Pakistan, yang berhasil melakukan uji-coba penembakan rudal Shaheen-1 SMG akhir pekan sebelumnya.

Ketika berpidato di hadapan tentara di daerah pelatihan, Presiden Pervez Musharraf mengatakan negara tersebut telah mengembangkan kemampuan penangkal rudal yang canggih dan berharap perwira dan personil yang dipercayakan mengemban tugas penangkap agresi akan terus berlatih dan mempertahankan kemampuan progesionalisme mereka.

Musharraf mengatakan ia sangat senang menyaksikan ASFC muncul sebagai kekuatan yang bersatu dan terlatih dalam waktu sangat singkat. Semua keperluan bagi kemampuan strategis sebagai ketentuan penangkal minimum di Pakistan akan dipenuhi oleh negara.

"Kami telah memperhatikan bermacam skenario imaginer yang diajukan oleh mereka yang tak mengingini kesejahteraan Pakistan. Anasir semacam itu tak pernah berdamai dengan Pakistan, yang memiliki nuklir," kata Musharraf.

Ia menyatakan bahwa Pakistan mampu menangkis semua ancaman terhadap kedaulatannya dan kemampuan nuklirnya.

Peluncuran tersebut dilakukan pada akhir pelatihan lapangan tahunan Grup Rudal Ghauri. ASFC saat ini terlibat dalam pelatihan gabungan musim dingin. Dalam kegiatan tiu, setiap SMG yang dioperasikan dilaksanakan dalam pelatihan taktis dan penembakan dengan menggunakan amunisi aktif.

Lahan peluncuran pelatihan ASFC disaksikan oleh Musharraf, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Ashfaq Pervez Kayani, ilmuwan dan perwira senior militer.(*)

Sumber : ANTARA

No comments: