Thursday, January 17, 2008

TNI AL dan RSN Gelar Latihan Bersama Ke-20


Kapal Cepat TNI AL Kelas Pandrong, KRI Todak

TNI Angkatan Laut dan Republic Singapore Navy (RSN) menggelar latihan bersama dalam pengamanan laut, dengan sandi Sea Eagle 20/08, yang dipimpin oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Agus Suhartono, dimulai tanggal 16 sampai 25 Januari 2008 serta dibagi menjadi tiga fase latihan.

Fase pertama berupa Harbour Phase (fase pelabuhan) di Changi Naval Base Singapura, kemudian Sea Phase (fase laut) di Perairan Singapura, Laut Cina Selatan, Selat Karimata sampai ke Laut Jawa serta diakhiri dengan Exercise Phase (fase latihan pos) di Jakarta.

Selain dimaksudkan untuk mempererat kerjasama antara TNI AL dengan RSN, latihan bersama yang ke-20 kalinya ini, juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme pada tingkat kapal perang dan pesawat udara maritim dalam melaksanakan operasi latihan bersama.


RSN Missile Corvette Vessel (mcv), RSS Valour

Unsur-unsur yang dilibatkan dalam latihan kali ini adalah KRI Ki Hajar Dewantara-364, KRI Lemadang-806, KRI Todak-803 serta satu pesawat patroli maritim yakni N-22 dari TNI AL. Sedangkan pihak RSN melibatkan RSS Valour, RSS Sea Dragon dan RSS Daring.

Sedangkan materi yang dilatihkan dalam latihan bersama tersebut diantaranya melaksanakan peperangan anti kapal selam, peperangan anti kapal udara, manuver taktis, latihan menembak sasaran bergerak di permukaan laut (naval gun support) yang dipadu dengan latihan peperangan malam hari.

Sumber : Dispenal

No comments: