Monday, December 10, 2007

Serah Terima Helikopter NBELL-412 PTDI kepada TNI AL

ARMATIM (10/12),- Bertempat di Base Operasi Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda, Surabaya, PT Dirgantara Indonesia menyerahkan satu unit helikopter jenis Bell kepada TNI AL. Penyerahan dilakukan oleh Direktur Aircraft integration PT. DI Bapak Budi Wuraskito kepada Aslog Kasal Laksda TNI Chairul Huda, Jumat (7/12).

Penyerahan helikopter jenis NBell-412NP ini ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima, yang dilanjutkan dengan prosesi penyiramanan heli tersebut dengan air kembang.

Sementara itu, Komandan Pusat Penerbangan TNI AL (Danpusnerbal) Laksma TNI Soemartono saat dijumpai wartawan disela-sela acara tersebut menjelaskan, bahwa untuk pengadaan alutsista berupa pesawat ini, TNI AL sebelumnya bekerjasama dengan PT DI. Pengadaannya dilakukan secara bertahap dan total pesawat untuk TNIAL yang dipesan sebanyak 18 unit.

Dari jumlah itu, sebanyak 15 unit untuk angkutan ringan, dan tiga unit untuk patroli maritim pengganti pesawat Nomad buatan Australia. Selain itu ada juga helikopter yang dipesan dari PTDI sebanyak 14 unit, terdiri dari jenis Bolcow (NBP-105) sebanyak delapan dan jenis NBell enam unit.

NBell 412 adalah helikopter serbaguna yang diproduksi oleh PTDI dan Bell Helicopter Textron. Helikopter ini adalah pengembangan dari model Bell 212 , perbedaan utamanya terletak pada 4 bilah rotor utama komposit.

Sumber : Puspen TNI

No comments: