Friday, November 09, 2007

Pengambilalihan Texmaco Tergantung Audit Teknologi

JAKARTA--MEDIA: Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa mengaku sudah menerima surat dari Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono agar Texmaco Engineering diambil alih pemerintah untuk dimanfaatkan teknologinya demi kepentingan militer.

"Surat dari Menhan sudah ada,. Isinya usulan agar Texmaco itu dimanfaatkan. Ada juga pertimbangan-pertimbangannya. Menhan juga menyarankan untuk dilakukan audit teknologi," kata Hatta setelah menghadiri acara penganugerahan Pahlawan Nasional di Istana Jakarta, Jumat (9/11).

Ia memaparkan, dirinya sudah memberikan masukan kepada Menhan bahwa sebetulnya sudah dilakukan audit teknologi oleh kantor riset dan teknologi dan BPPT terhadap Texmaco pada pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

Dokumen itu bisa digunakan oleh Menteri Keuangan untuk mengambil keputusan terkait dengan pemanfaatan aset Texmaco untuk negara.

"Apakah aset tersebut bisa dimanfaatkan, diambil alih atau apapun juga, atau seperti apa. Saya tidak ingin masuk ke dalam wilayah yang seperti itu. Tapi kalau dikatakan bahwa aset itu semuanya bisa untuk digunakan membuat peralatan perang, itu tidak betul," cetus Hatta.

Ia menyarankan agar Menhan melihat hasil audit teknologi yang telah dilakukan oleh kantor riset dan teknologi dan BPPT. "Audit teknologi itu harus menjadi pertimbangan. Jangan sampai nanti ketika diambil menjadi beban negara yang cukup berat," tegas Hatta. (Far/OL-06)

Sumber : Media Indonesia Online

No comments: