Thursday, October 11, 2007

Seluruh Pesawat Komersial Israel Akan Dilengkapi Peralatan Anti Misil

Hari Rabu kemarin (10/10), parlemen Israel, Knesset, menyetujui sebuah program baru yang akan menambah tingkat keamanan pesawat-pesawat komersial Israel, El Al.

Dalam program yang diajukan Kementerian Pertahanan Israel di bawah pimpinan Menhan Ehud Barak, seluruh pesawat komersial Israel akan diperlengkapi dengan peralatan keamanan yang mampu menangkal atau mengecoh misil atau rudal yang ditembakkan lawan, baik dari darat, laut, maupun udara.

Program keamanan ini merupakan yang pertama kalinya di dunia, di mana pesawat jet komersial diharapkan mampu mengecoh serangan misil lawan.

Menurut rencana, program prestisius ini akan dimulai pada tahun 2008. Selain mampu mengecoh atau mengelakkan serangan misil lawan, sistem pengaman ini dikatakan sanggup mendeteksi infiltrasi pesawat yang mendekat yang tidak diketahui identitasnya dan sebagainya.

Menurut Menhan Ehud Barak, langkah ini dianggap perlu karena berdasarkan laporan intelijen MOSSAD, para musuh-musuh Israel akan tetap menggunakan pesawat sebagai kendaraan atau bahkan menghancurkan pesawat dengan tembakan roket atau misil.

Program yang sedianya berada di bawah Kementerian Pertahanan dan Kementerian Transportasi ini tentu memerlukan dana yang tidak sedikit. Untuk itu parlemen Israel meminta agar pemerintah sesegera mungkin menyediakan anggaran untuk mendukung percepatan program yang dirasa amat mendesak ini. (Rizki/Jpost)

Sumber : Eramuslim

No comments: