Thursday, October 25, 2007

Program Turun Mesin Kapal Selam `Nanggala` Akhir 2007



Jakarta (ANTARA News) - Program `overhaul` atau turun mesin kapal selam KRI Nanggala akan diputuskan akhir 2007, menunggu hasil kajian pemaparan dari perusahaan kapal tiga negara yang berminat untuk meng`overhaul` kapal selam buatan Jerman itu.

"Saat ini sudah ada tiga penawaran, yakni dari pabrik pembuatnya HDW Jerman, Daewoo (Korea Selatan), Masgon Do (India). Alternatif lain ditawarkan HDW, yaitu overhaul bersama dengan PT PAL," kata Dirjen Perencanaan Pertahanan (Renhan) Dephan, Laksamana Muda TNI Tedjo Eddy di Jakarta, Rabu.

Yang penting dari program `overhaul` itu selain murah, juga dapat mengembalikan `kekuatan` kapal selam bersangkutan hingga dapat difungsikan secara maksimal sebagai alat utama sistem senjata (alutsista) strategis TNI, katanya.

"Jika di-`overhaul` di PT PAL memang lebih murah, tetapi kan tidak sekadar murah, tetapi juga harus memperhatikan pembaharuan teknologi yang harus disesuaikan dengan tingkat ancaman yang dihadapi," tutur Tedjo.

Ia mengungkapkan saat pihak HDW berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu, kemampuan PT PAL untuk melakukan `overhaul` KRI Nanggala sudah memadai, sehingga tidak perlu dibawa ke luar negeri dan biayanya bisa lebih murah.

Selengkapnya...

No comments: