Monday, September 17, 2007

Lemhanas RI Bertemu Menteri dan Jaksa Agung Australia

Brisbane (ANTARA News) - Delegasi Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI beranggotakan 27 orang, Senin, bertemu Duta Besar RI untuk Australia dan Vanuatu TM Hamzah Thayeb di Canberra guna mengawali program kegiatan kunjungan sepekan mereka di negara benua berpenduduk 20,2 juta jiwa itu.

Konselor Bidang Politik KBRI Canberra, Samsu Rizal, mengatakan, Dubes Thayeb memaparkan kondisi aktual hubungan Indonesia-Australia kepada delegasi Lemhanas RI yang sudah berada di Canberra sejak Minggu (16/9) itu.

Selama berada di Canberra, delegasi Lemhanas yang dipimpin Sabar Yudo Suroso itu akan bertemu sejumlah menteri dan pejabat tinggi Australia serta berkunjung ke Kolese Pertahanan Australia (ADC) dalam upaya mereka memperdalam pemahaman tentang Australia secara lebih proporsional dan akurat, katanya.

Beberapa menteri yang akan menerima kunjungan para siswa strategis luar negeri Lemhanas itu adalah Menteri Imigrasi dan Kewarganegaraan Kevin Andrews, Jaksa Agung Philip Ruddock, Menteri Pertahanan Brendan Nelson, Menteri Perdagangan Warren Truss, dan Sekretaris Parlemen untuk Kementerian Luar Negeri, Greg Hunt, katanya.

Dalam pertemuan itu nantinya, kedua pihak akan mendiskusikan berbagai isu kebijakan yang terkait dengan hubungan kedua negara.

Dari Canberra, para anggota delegasi Lemhanas RI itu akan melanjutkan kunjungannya ke Melbourne guna meninjau beberapa industri strategis Australia, termasuk galangan kapal, dan "Invest Victoria", kata Samsu Rizal.

Selain staf ahli Lemhanas, Sabar Yudo Suroso, beberapa anggota delegasi Lemhanas RI yang berkunjung ke Australia hingga 22 September 2007 itu adalah Agus Widjojo, Busri Jaran, Agus Prayitno, Mughiroh Subchan, Waskito Pandu, John Dalas Sembiring, Nazarudin Lubis, dan Ferdinand Mewengkang.(*)

No comments: