Thursday, September 20, 2007

Indonesia dan Rusia Tandatangani Kerjasama Diklat Operasional Pemeliharaan Alutsista TNI



Jakarta, DMC-Penandatanganan kontrak kerjasama pendidikan dan pelatihan untuk operasional pemeliharaan alutsista dari Pemerintah Federasi Rusia bagi personel TNI, diharapkan dapat bermanfaat bagi Pemerintah RI khususnya TNI dan Pemerintah Federasi Rusia, serta dapat meningkatkan kerjasama pertahanan antara kedua negara.

Hal itu dikatakan Direktur Kerjasama Internasional Ditjen Strahan Dephan Marsma TNI Parulian Simamora MSc, Kamis (20/9), usai menandatangani kontrak kerjasama pendidikan dan pelatihan bagi personel TNI antara Departemen Pertahanan RI dengan Pemerintah Federasi Rusia, di Kantor Dephan, Jakarta. Dari pihak Delegasi Federasi Rusia, penandatanganan dilakukan oleh Ketua Delegasi Colonel M. Usachev.

Dirkersin Ditjen Strahan Dephan melanjutkan, kerjasama pendidikan dan pelatihan bagi personel TNI di Military Educational Institution Kementerian Pertahanan Federasi Rusia ini, adalah satu langkah maju bagi kerjasama pertahanan kedua negara.

Sementara itu, Ketua Delegasi Rusia Colonel M. Usachev menjelaskan, yang penting dari dokumen yang baru saja ditandatangani oleh kedua pihak ini adalah bahwa dokumen ini berlaku jangka panjang yang akan menjadi dasar bagi kegiatan sejenis di tahun-tahun mendatang dan juga akan menjadi salah satu dasar bagi kerjasama di bidang pertahanan kedua negara

Menurut Colonel M. Usachev, kontrak kerjasama ini dan kontrak-kontrak kerjasama lainnya yang akan ditandatangani selanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan hubungan dan kerjasama pertahanan kedua negara” ujar Colonel M. Usachev.

Dikatakannya, Pemerintah Federasi Rusia khususnya Kementerian Pertahanan Rusia sangat bangga dapat memberikan bantuan persiapan dan pelatihan bagi pemeliharaan alutsista yang berasal dari Rusia. Bantuan pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan kemampuan TNI dan memacu kemandiriannya.

Penandatangan kontrak kerjasama tersebut dihadiri pula oleh pejabat Mabes TNI dan Mabes Angkatan yang terkait dengan pengadaan alutsista.(DAS, HDY)

No comments: