Friday, August 03, 2007

KSAU Lantik 47 Penerbang

SLEMAN (SINDO) – KSAU Marsekal TNI Herman Prayitno melantik 47 perwira penerbang tempur di Lapangan Jupiter Lanud Adisucipto,Yogyakarta, kemarin.

Mereka yang dilantik terdiri atas 32 Perwira Remaja (Para) dan 15 Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PSDP).Pelantikan ini dilakukan dalam upacara Wingday dan Praspa Sekbang Angkatan 73/74. Dari 32 perwira berpangkat Letnan Dua (Letda) ini, 30 orang di antaranya akan bertugas di jajaran AU dan dua orang bertugas di AD.

Sedangkan 15 penerbang PSDP tujuh orang bertugas di AD, enam orang di TNI AL dan dua orang merupakan Wanita Angkatan Udara (WARA) dan tetap bertugas sebagai penerbang AU. Lulusan terbaik Sekbang angkatan 73/PSDP adalah Letda Laut (P) Wibowo Apriyanto dan untuk Sekbang angkatan 74/Para Letda PnB Bambang Aulia Yudhistira.

Panglima TNI Marsekal TNI Djoko Suyanto dalam sambutan tertulis yang dibacakan KSAU Masekal TNI Herman Prayitno mengatakan, tugas penerbang TNI bukan sekadar menerbangkan pesawat.

”Mahir dan terampil harus melekat dalam diri penerbang baik dalam operasi militer perang maupun selain perang,” kata Djoko Suyanto Selain itu, profesi penerbang juga sangat melekat dengan teknologi. Karena alutsista pesawat terbang merupakan produk ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sehingga perwira penerbang harus mampu menjamin keberlangsungan alutsista pesawat udara yang dipercayakannya Sedangkan Marsekal TNI Herman Prayitno mengatakan, untuk menghasilkan penerbang yang berkualitas, pendidikan sekbang mengunakan kurikulum yang standar dan didukung sarana dan prasarana yang memadai.

”Sekbang didukung dengan sarana yang memadai, yaitu 12 pesawat KT- 1B, 16 pesawat Charlie dan 20 pesawat Bravo,” kata Herman Wingday dan Praspa Sekbang dimeriahkan dengan atraksi empat pesawat tempur F5 Tiger dan F 16 yang berpangkalan di Lanud Iswahyudi Madiun. Selain itu,aksi drumband karbol AAU dan terjung payung dari FASI DIY. (priyo setyawan)

No comments: