Tuesday, August 07, 2007

Kerjasama Antara TNI Dengan Angkatan Bersenjata New Zealand Di Bidang Pertahanan

Jakarta, DMC - Angkatan Bersenjata New Zealand menawarkan kepada Tentara Nasional Indonesia untuk mengirimkan personelnya mengikuti pendidikan setingkat Sesko di New Zealand. Demikian pula Indonesia akan mengundang dan memberikan kesempatan kepada perwakilan personel tentara dari New Zealand untuk sekolah Sesko TNI di Indonesia. Pertukaran personel ini merupakan kerjasama antara TNI dan militer New Zealand di bidang pertahanan.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Departemen Pertahanan (Dirjen Strahan Dephan) Mayjen TNI Dadi Susanto, Senin (6/8) saat menerima kunjungan New Zealand Defence Force (NZDF) Command & Staff College, di Kantor Dephan, Jakarta. Sebelumnya delegasi New Zealand Defence Force (NZDF) Command & Staff Collage juga melakukan kunjungan kepada Sekjen Dephan, Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin.

Dirjen Strahan saat menyambut delegasi dari New Zealand Defence Force (NZDF) Command & Staff College mengatakan, bahwa Indonesia saat ini khususnya TNI sedang menegakkan kekuatan dan meningkatkan hubungan dengan New Zealand. “ Hubungan militer juga menjadikan pondasi dengan menerima saran dan usul dari New Zealand kepada TNI”. Jelas Dirjen Strahan.

Menurut Dirjen Strahan, Indonesia dan New Zealand selama ini telah mengadakan kerjasama di bidang pertahanan dan keamanan, partisipasi dalam hubungan di suatu kawasan dan kerjasama multilateral. Kerjasama tersebut merupakan upaya memajukan hubungan antara Negara ASEAN dengan Australia, New Zealand, Asia dan Amerika latin.

Lebih lanjut Dirjen Strahan Mayjen TNI Dadi Susanto mengatakan, Indonesia dengan New Zealand menjadi Partner Dialog Kepulauan Pasific pada bulan Agustus 2001. Indonesia dan New Zealand juga telah menjadi rekan dalam Konferensi Asia Timur ( East Asia Summit).

Dirjen Strahan berharap, kunjungan delegasi dari New Zealand Defence Force (NZDF) Command & Staff College yang dipimpin oleh Air Commodore Terry Gardiner. ke Dephan ini, dapat memberi pengertian yang lebih luas tentang Pertahanan Nasional Indonesia. (DNR/HDY)

Sumber

No comments: