Tuesday, August 07, 2007

Kedatangan 6 Sukhoi Baru Molor



JAKARTA - TNI Angkatan Udara tampaknya perlu bersabar. Sebab, pembelian enam pesawat Sukhoi masih membutuhkan waktu negosiasi yang lama dengan Rusia. Diharapkan pesawat itu baru akan tiba dan dikerahkan dalam latihan gabungan TNI tahun 2008.

"Itu memang persoalannya kita punya waktu, tapi persoalan administrasi mungkin ada perubahan waktu, mungkin bisa digunakan dalam Latgab TNI," kata Sekjen Dephan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin di Kantor Departemen Pertahanan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (6/8/2007).

Menurut Sjafrie, empat pesawat jet tempur produksi Rusia ini molor hanya dalam hal pendistribusian saja. Tetapi, proses pengadaannya tetap tahun 2007.

Perkembangannya saat ini, dalam pertemuan tahunan Komisi Teknik Militer Indonesia-Rusia, yaitu antara Dephan kedua negara, akan dilakukan penandatanganan MoU yang dilakukan Dirjen Sarana Pertahanan dengan pihak Rosoboron, sebagai produsen Sukhoi.

Pertemuan tahunan ini diperkirakan baru akan dilakukan pada tanggal 20-21 Agustus 2007 mendatang di Rusia. Sedangkan mengenai lender atau bank penjamin, lanjut Sjafrie, sudah tidak ada masalah, karena banknya berasal dari Rusia sendiri.

M. Rizal Maslan - detikcom

No comments: