Monday, August 13, 2007

Hongdu L-15 'Falcon'



L-15 Falcon adalah pesawat jet latih canggih yang saat ini sedang dikembangkan oleh Hongdu Aviation Industry Corporation (HAIG) di Nanchang.

Pesawat ini terbang pertama kali pada 13 maret 2006. Pengembangan pesawat ini dibantu oleh Yakovlev OKB Rusia. L-15 adalah pesaing langsung dari JL-9/FTC-2000 Mountain Eagle produksi Guizhou Aircraft Industry Corporation (GAIC) untuk kompetisi program pesawat latih canggih generasi lanjut (next-generation advanced trainer aircraft program) untuk AU China (PLAAF - People's Liberation Army Air Force).

Program

Hongdu Aviation Industry Group (HAIG) mengenalkan pertamakali full-scale mock-up pesawat L-15, Advanced LIFT (Lead-in Fighter/Trainer) kepada publik saat Zhuhai Airshow, 2004 lalu.

L-15 yang mempunyai 2 mesin dan 2 tempat duduk dilaporkan sarat dengan teknologi canggih terbaru seperti digital quadruple fly-by-wire (FBW), glass cockpit, dan kontrol penerbangan hands-on-throttle-and-stick (HOTAS).




Kemampuan aerodinamika pesawat ini banyak diuntungkan dengan desain leading edge extensions (LEX) besar , yang memberikan sudut serang (angle of attack) maksimum 30∞.

Hal ini sangat penting untuk mensimulasi pergerakan dari pesawat canggih generasi keempat China semacam J-10 dan J-11. Hingga pesawat tempur semacam Su-27 atau F-18.

Dengan L-15, siswa pilot bisa menyelesaikan misi pelatihan terbang dan pelatihan tempur canggih untuk pesawat tempur generasi keempat, juga kursus pelatihan penerbangan jet dasar.

Pesawat ini juga memiliki enam (empat dibawah sayap dan dua diujung sayap) cantelan (pilon) untuk membawa senjata udara ke udara atau udara ke darat.

Kalau perlu pesawat ini bisa digunakan sebagai pesawat serang ringan dengan sedikit modifikasi.



Sejarah

Prototip L-15 pertama kali diluncurkan (rolled out) pada September 2005 dan memulai penerbangan perdananya pada 13 Maret 2006.

Saat ini Hongdu aktif memasarkan pesawat ini, baik untuk pasar domestik maupun pasar internasional.

Dijadwalkan PLAAF akan menerima dan mengoperasikan pesawat ini awal 2008 sampai 2010, saat ini belum diketahui berapa pesanan PLAAF untuk L-15 ini.



Spesifikasi

Kru: 2 (1 siswa pilot and 1 instruktur, atau 1 pilot dan 1 perwira sistem senjata (serang)
Berat: Normal take-off 6,500 kg; max take-off 9,500 kg
Kec Max: Mach 1.4
Jarak: radius tempur lebih dari 550 km
Service ceiling: 16,000 m
Max climb rate: 150 m/s
g-Limits: +8.0/-3.0 g
Pesawat ditenagai dua mesin turbofan DV-2F atau AI-222K-25F dengan afterburner.

Persenjataan

Belum ada informasi spesifik senjata apa yang akan digunakan di L-15. Namun dugaan kuat sistem senjata yang akan diaplikasi dipesawat ini sama dengan Yak-130, namun pilihan jenis senjatanya masih belum jelas.

Yang jelas, performa L-15 yang ditenagai 2 mesin jet jauh lebih unggul, baik dari segi jelajah, kecepatan dan payload yang besar.

L-15 First Flight

No comments: