Saturday, August 04, 2007

AS Nilai Keamanan Indonesia Meningkat

Sabtu, 04/08/2007 JAKARTA (SINDO) – Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Cameron R Hume menilai sistem keamanan di Indonesia sudah meningkat.

Dia melihat,sejak Oktober 2005 hingga saat ini, tidak lagi terjadi aksi teroris besar di Indonesia. ”Rata-rata sistem keamanan di Indonesia meningkat. Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan pemerintah lain di kawasan ini untuk meningkatkan keamanan,”tandas Hume di Kedubes AS di Jakarta,kemarin.

Mantan Dubes AS untuk Aljazair ini juga mengkritik kondisi di negaranya sendiri. Beberapa kalangan di AS, ungkap Dubes AS untuk Indonesia yang menggantikan B Lynn Pascoe ini, menggunakan kekerasan untuk melawan warga sipil tidak berdosa untuk tujuan politik.

Menanggapi travel warning ke Indonesia yang sempat dikeluarkan Pemerintah AS beberapa bulan silam,Hume mengatakan, masalah tersebut merupakan salah satu yang menjadi perhatiannya.

Menurut dia, keputusan travel warning bukan berasal dari Dubes,melainkan Departemen Luar Negeri (Deplu) AS. Dia juga mengatakan, tidak terlalu mengetahui apakah travel warning yang sempat dikeluarkan itu sudah habis masa berlakunya. (maya sofia)

No comments: