Monday, July 16, 2007

Perkembangan Senapan Serbu



Senapan Serbu masa depan, model semakin futuristic, secara umum caliber dipertahankan, banyak pengembangan pada jenis amunisinya. Angkatan Bersenjata Amerika Serikat masih terus berupaya keras untuk memperoleh jenis senapan serbu terbarunya.

Proyek ACR (Advanced Combat Rifle) yang usianya sudah hampir 20 tahun masih belum mencapai finalnya. Pasukan AS di Iraq masih turun gelanggang dengan senapan serbu M-16 dengan versi A4.

Beberapa versi terbaru senapan serbu masih bertahan pada caliber 5.56 x 45mm NATO. Beberapa versi experimental senapan serbu diperkenalkan seperti XM29, XM8, dan sebagainya. Bentuk beberapa senapan serbu baru ini banyak yang hampir menyerupai senapan dalam film Startrex.

Selain masih banyak yang mengadopsi mekanisme konvensional, banyak juga yang mengadopsi system Bullet Puppy (Bulpup).

Pabrik Heckler & Koch yang kini memiliki sarana produksi di Amerika Serikat merupakan pengembang senapan serbu XM-29 SABR/OICM.
Dalam satu senapan serbu ini memiliki dua caliber dengan dua laras. Kaliber 5.56 x 45mm NATO pada bagian bawah dan, caliber 20 x 85mm pada laras bagian atas. Amunisi caliber 5.56mm yang menggunakan system kinetic energy, dengan bentuk proyektil yang unik.

Selengkapnya

No comments: