Saturday, July 21, 2007

Pasukan Para Salah Mendarat

JAKARTA, KOMPAS - Belasan anggota pasukan para TNI-Angkatan Darat salah mendarat saat latihan terjun, Jumat pagi di sekitar Jakarta Selatan. Kepala Pusat Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama Daryatmo yang dihubungi mengakui adanya sejumlah penerjun TNI-AD yang mendarat di sekitar pemukiman warga di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

“Sasaran pendaratan atau Drop Zone (DZ) sebetulnya adalah Markas Komando Pasukan Khusus di Cijantung, Jakarta Timur. Tidak ada insiden serius dalam hal ini. Mereka mengadakan free fall dan bukan terjun statis sehingga wajar jika terseret arus angin menjauh dari sasaran,” kata Daryatmo.

Kegiatan free fall atau terjun bebas lanjut Daryatmo, dipengaruhi arah angin di ketinggian di dekat permukaan tanah. Kejadian itu terbilang fatal jika terjadi pada kegiatan terjun statis yang dilakukan pasukan tempur.

Diketahui tidak ada yang terluka serius akibat salah mendarat. Sebagian dari pasukan para tersebut mendarat di perkampungan dan ada yang tersangkut di pepohonan.

Para penerjun diangkut oleh pesawat Fokker F-27 TNI-AU dari Pangkalan Halim Perdana Kusuma di Jakarta Timur. Kegiatan penerjunan merupakan bagian dari latihan rutin. (ONG)

Sumber

No comments: