Thursday, July 12, 2007

KOOPSAU II Gelar Latihan "SIKATAN DAYA 2007"

Dispenau, Rabu, 11 Juli 2007 • Sebagai upaya meningkatkan kemampuan satuan-satuan jajaran Koopsau II dalam memahami dan mengaplikasikan doktrin, petunjuk operasi dan sistem pembinaan latihan TNI AU serta melatih satuan-satuan jajaran dalam melaksanakan taktik dan strategi operasi udara berdasarkan rencana operasi, Koopsau II menggelar latihan dengan sandi "Sikatan Daya 2007" yang dibuka Kas Koopsau II Marsekal Pertama TNI BS. Silaen mewakili Pangkoopsau II di Ruang Suryadharma, Rabu (11/7).

Pembukaan yang dilakukan secara teleconference dan dimonitor para pelaku latihan di Lanud Hasanuddin Makassar, Lanud Iswahjudi Madiun dan Lanud Abdulrachman Saleh Malang ini, dihadiri para Asisten Koopsau II, Pejabat Staf dan Pamen Koopsau II. Bertindak selaku Pimpinan Umum Latihan Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI IB. Sanubari, Direktur Latihan Kas Koopsau II Marsekal Pertama TNI BS. Silaen dan Wakil Direktur Latihan Asops Kas Koopsau II Kolonel Pnb Zulhasymi.

"Sikatan Daya 2007" merupakan latihan taktis antar satuan dengan metode gladi posko, TAMG (Tectical Air Manouvre Game) dan manuver lapangan. Untuk gladi posko berlangsung 11 dan 12 Juli, TAMG 16 Juli di Lanud Abdulrachman Saleh dan manuver lapangan 17 dan 18 Juli di AWR (Air Weapon Range) Pandan Wangi Malang serta kaji ulang 19 Juli.

Latihan dengan tema "Melalui Latihan Sikatan Daya 2007 Komando Operasi TNI AU siap melaksanakan operasi udara di Wilayah NTT dalam rangka menegakkan kedaulatan negara dan hukum udara" ini, bertujuan untuk meningkatkan dan memantapkan satuan-satuan jajaran Koopsau II dalam bentuk kerjasama, koordinasi dan keterpaduan komando pengendalian dalam menyelenggarakan operasi udara.

Melibatkan sekitar 578 personel yang meliputi Mako Koopsau II, Lanud Abdulrachman Saleh, Lanud Iswahjudi, Lanud Rembiga Lombok, Lanud Eltari Kupang serta Wing II Paskhas. Sedang kekuatan udaranya adalah pesawat tempur F-16, F-5 Tiger II, Hawk MK-53, OV-10 Bronco, Sukhoi 27/30, Hercules C-130, pesawat intai Boeing B-737, dan Casa C-212.

Berita lebih lanjut

No comments: