Saturday, April 04, 2009

TNI AU dan RAAF Sepakat Tingkatkan Kerjasama

JAKARTA - TNI AU dan Royal Australian Air Force (RAAF) sepakat meningkatkan kerja sama kedua pihak yang telah terjalin baik selama ini, baik dalam bidang operasi maupun pendidikan serta latihan bersama.

"Selain mempererat silahturahmi, juga untuk meningkatkan kerja sama yang telah ada," kata Kepala Penerangan Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) II Mayor Sus Sonaji Wibowo, usai pertemuan Panglima Koopsau II Marsekal Muda Yushan Sayuti dan Atase Udara Australia Kolonel Raymond Press, di Makassar, Jumat(3/4).

Selama ini, kerja sama TNI AU dengan Angkatan Udara Australia antara lain ditandai dengan pelaksanaan latihan bersama "Elang Ausindo" serta patroli maritim bersama di wilayah perbatasan kedua negara guna mencegah kejahatan transnasional semisal illegal fishing, illegal logging, narkotika dan obat-obatan terlarang.

Selain itu, angkatan bersenjata kedua negara juga bekerja sama pertukaran perwira antar kedua angkatan udara. Dalam operasi militer selain perang, TNI AU dan Angkatan Udara Australia terlibat dalam penanganan tsunami di Aceh pada 2004 dan bencana angin siklon di Australia tahun 1974.

Sumber : MEDIAINDONESIA

No comments: